Rabu, 05 September 2012

Fungsi-fungsi kamera video



Ini dia beberapa penjelasan dari bagian-bagian sebuah kamera video:

Eyepiece
Terdapat pada viewfinder sebuah kamera video. Eyepiece ini berbentuk sambungan antara mata cameramen saat pengambilan gambar dengan viewfindernya. Kalau tidak salah terbuat dari karet yang lentur.
Power Control
Semua pasti tahu yang ini. Orang biasanya bilang tombol on – offnya.

Viewfinder
Kalau yang ini bagian dari kamera untuk melihat adegan yang sedang diambil. Viewfinder biasanya tergolong menjadi dua, ada yang tampilannya berwarna dan ada yang hitam putih saja. Secara umum letak viewfinder ini terdapat pada sebelah kiri kamera. Di handycam, letak viewfindernya biasanya di sebelah kanan.

Filter
Pengaturan temperature warna pada kamera video. Pengalaman saya, ada empat tingkatan pada filter. Biasanya ditandai dengan: no filter, filter 1, filter 2, dan filter 3. Semakin tinggi tingkatan filter, maka penyaringan cahaya akan semakin kuat alias gambar menjadi agak gelap. Filter ini bisa disejajarkan dengan ISO pada kamera non-video (pendapat sendiri). Masih ada lagi, filter 1 setara dengan 3200 K, filter 2 sama dengan 5600 K, dan filter 3 setara dengan angka 5600 K + ND.

White balance
White balance ini untuk mengatur keseimbangan warna putih pada suatu lokasi. Artinya dipakai untuk mencari warna putih yang sesungguhnya. Bila WB-nya kurang tepat, maka hasilnya tidak akan memuaskan.

Zoom control (in / out)
Bagian kamera video yang tak kalah pentingnya. Terbagi dua dalam bentuk. Ada yang berupa gelang-gelang zoom dan ada yang berbentuk tombol. Saya lebih suka yang berbentuk gelang zoom. Lebih maknyos pemakaiannya.

Fokus control
Bila dikaitkan dengan zoom, kedua bagian ini layaknya uang koin. Tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Terkadang ada kamera video yang tidak memiliki fokus control ini. Jadinya semua gambar dihasilkan menjadi auto fokus. Juga terbagi dua dalam bentuknya, pertama berbentuk gelang fokus dan yang kedua berbentuk tuas kecil.

Lenshood
Tambahan pada lensa kamera paling depan untuk menahan cahaya yang masuk ke dalam lensa. Terutama bagi cahaya yang tidak diinginkan.
Microphone
Alat perekam suara yang terdapat pada kamera.

Camera Angle
Posisi kamera dalam melakukan sebuah shoot. Tidak sembarang juga mengambil angle kamera. Semuanya memiliki arti.

Bouncing
Secara tidak langsung bisa dikatakan sebagai proses memanipulasi cahaya. Cahaya yang datang ke sebuah objek biasanya keras, dari sebab itulah dilakukan pemantulan cahaya agar tidak langsung menuju ke objek, yang kemudian menghasilkan cahaya soft.

Additive
Sebuah istilah yang artinya adalah perpaduan dari warna cahaya. Warna apa itu? Mereka adalah warna merah, hijau, dan biru. Warna ini merupakan warna utama dalam sebuah film atau video.

Bandwith
Saya kira bandwith hanya ada di bidang jaringan saja. Ternyata ada juga di perangkat kamera. Bandwith ini berhubungan dengan skala frekuensi yang dibutuhkan dalam transmisi gelombang audio 20 khz dan pada gelombang televisi dihitung dengan satuan PAL 5.5 MHz.

Black Balance
Itu merupakan pengaturan level warna hitam. Kebalikannya pastilah white balance.

Action
Bisa menjadi dua arti. Pertama: yaitu perintah dari seorang sutradara kepada pemain untuk segera memulai pelakonan. Kedua: adegan/pergerakan pemain dalam sebuah shooting adegan.

0 komentar: